Posts Tagged linux

Ternyata Belajar Linux tidak sengeri yang kita kira….

Linux, suatu kata yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat IT, tapi mungkin masih sangat asing bagi masyarakat luas. Satu hal yang pasti akan diingat oleh banyak orang ketika menyebut Linux adalah sesosok makhluk ciptaan Allah SWT yang bernama Pinguin, tapi koq diberi nama panggilan Tux, ada yang tau asal usulnya gak ???? Yah, mungkin si Linus Torvald, pencipta Kernel Pinguin itu yang memberi nama. Kembali ke masalah Linux, dari hasil pengamatan yang saya amati baru-baru ini, masih sedikit juga orang yang memakai Linux. Apakah Linux gak terkenal ??? Iya kali ya, jujur aja nih aku juga baru mengenal Linux pada awal kuliah. Itu aja beruntung banget aku ngambil prodi Ilmu Komputer, kalo nggak ya sampai sekarangpun tak akan pernah mengenal apa itu Linux. Dan untuk itulah mengapa saya menulis cerita ini, hanya sekedar menceritakan perjalanan dalam mengenal Linux aja.  Ini mungkin beberapa alasan mengapa masih banyak orang yang belum mengenal ataupun menggunakan sistem operasi Linux, dan katanya sih lebih tepat jika disebut GNU/Linux karena Linux sendiri hanyalah sebuah kernel dan belum bisa disebut sebagai sistem operasi. Yang pertama, masyarakat kita nih dari TeKa ampe eS-eM-A udah diberi komputer yang sudah tertanam di dalamnya Sistem Operasi Jendela, bahasa ndeso-nya Windows Operating System. Yah bisa diibaratkan kita setiap hari mendengar orang omong dalam bahasa Indonesia, dan akhirnya bahasa itulah yang akan kita kenal dan pakai terus menerus, akan sulit untuk menggantinya dengan bahasa Inggris misalnya. Namun sayangnya Windows yang dipakai ditengah tengah masyarakat luas ini kebanyakan bajakan, walah walah…. Yang saya bingung, koq gak dari dulu ya kita mengenal Linux, kenapa kita harus mengenal Windows dengan harganya yang selangit terlebih dahulu daripada Linux yang gratis, sungguh mengherankan…. Pak Mentri Komunikasi dan Informasi patut ditanyakan nih, hehe….

Read the rest of this entry »

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Hati-hati dengan pecandu Linux

Saya dapat artikel ini dari teman saya pas buka-buka friendster. Lucu juga sih, beberapa cirinya juga ada di saya. Lumayan lah buat refreshing… Anggapan umum masyarakat Ciri ciri Pengakuan Microsoft untuk kemudahan hidup. Mungkin kamu berpikir “ah kalau gue iseng-iseng nyoba Linux, sekali aja..gue nggak bakal ketagihan!” kenyataan membuktikan bahwa Sekali kamu mencoba Linux, kamu bisa ketagihan seumur hidup. Jalan terbaik menghadapi godaan linux adalah dengan tidak mencobanya sama sekali. Sekali kamu ketagihan, efek ketagihannya secara kejiwaan tidak akan hilang seumur hidup. Sekali mencoba Linux, kamu terbelenggu seumur hidup. Sudah terlalu banyak yang berawal dari coba-coba, menjadi ketagihan. Mungkin kamu berpikir bahwa ‘nginstall Linux, bisa nolong gue mempelajari komputer!”, kenyataan membuktikan bahwa Linux justru membuat komputer kelihatan lebih sulit ! Jalan terbaik menghadapi godaan linux adalah dengan tidak mencobanya sama sekali. Seorang pecandu Linux tidak dapat berfikir secara normal dalam hidupnya (apa yang ada disekitarnya akan dianggap gratis !!).

Read the rest of this entry »

  • Share/Bookmark

Tags: ,