Archive for category Uneg uneg

Perjalanan Panjang Tugas Akhirku

skripsi

Sedikit sharing saja tentang perjalanan mata kuliah tugas akhir S1 Ilkom UGM yang
pernah aku jalanin. File pdf yang formatnya lebih bagus ada di sini. Semoga bisa diambil hikmahnya, oke let’s story begin …..

Agustus 2009 :
Mata kuliah TA ini diambil ketika semester 7. Proses pendaftaran berjalan seperti biasa
dengan mendaftar di sekretariat dan di web. Pada waktu ndaftar, sudah disuruh
menentukan siapa dosen pembimbing yang diinginkan.

Point 1 : belum tentu dosen pembimbing yang dipilih ketika mendaftar akan benar-
benar menjadi dosen pembimbing anda, so bersiaplah untuk mendapat hal
terburuk ketika anda mendapatkan dosen yang tidak anda inginkan :p

Waktu pengumuman dosbing dan waktu pendaftaran kayaknya sekitar 1 mingguan, jadi
nikmati hidup anda selama seminggu ini. 1 mingguan berselang, daftar dosen
pembimbing akan ditempel di papan pengumuman oleh bapak sekretariat kita, siapa lagi
klo bukan pak Jumari. Minta kartu bimbingan warna merah sama pak Jum.

Point 2 : setelah tahu siapa dosbing anda, langsung burulah orang itu di manapun
ia berada, karena ia akan menjadi orang yg paling berpengaruh selama pengerjaan
TA. Ketika sudah tertangkap, jangan sungkan untuk bertanya dan minta pendapat
tentang topik TA yang akan dikerjakan. Akan lebih baik jika anda sudah
mempunyai topik TA ketika menemui makhluk yang satu ini, walaupun masih
coret2an. Dan satu hal lagi, jangan lupa mengisi kartu bimbingan anda.

Read the rest of this entry »

  • Share/Bookmark

Tags: , , ,

Insiden Tanjung Priok, ada apa gerangan ???

priok

Kemarin rabu, tepatnya 14 April 2010, nggak sengaja lihat berita di salah satu stasiun televisi, beritanya tentang insiden berdarah antara Satuan Polisi Pamong Praja dan masyarakat sekitar. Kejadian ini berlangsung di kompleks pemakaman Mbah Priok. Mbah Priok adalah seorang ulama. Masyarakat menyebutnya Habib. Ia dilahirkan di Palembang tahun 1727 dengan nama Al Imam Al`Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad RA. Menurut catatan, pada tahun 1756 Habib Hasan bin Muhammad bersama Al Arif Billah Al Habib Ali Al Haddad RA pergi ke pulau Jawa untuk menyebarkan agama Islam. Konon sih katanya asal mula nama Tanjung Priok diambil dari nama Mbah Priok ini. Singkatnya, insiden bermula dari rencana penggusuran lahan pada kompleks pemakaman oleh Satpol PP atas perintah PemProv DKI. Namun masyarakat sekitar menolak rencana ini, karena kompleks pemakaman sudah lama berdiri dan dianggap tempat suci oleh mereka. Walaupun dialog sudah dilakukan antar kedua belah pihak, tetapi kenyataannya tidak terdapat kata sepakat. Insiden tidak terhindarkan, masyarakat melakukan demonstrasi besar-besaran dan Satpol pun tidak mau kalah. Jadi deh perang lokal di sana, rame banget pokoknya. Sampai tulisan ini dipublis, terdapat 3 korban meninggal dari masyarakat dan beberapa mobil dari Satpol dibakar oleh massa.

Menurut Wakil Bupati Jakarte, penggusuran hanya akan dilakukan pada pendopo yang ada di kompleks makam, bukan makamnya itu sendiri. Menurut aku sih, pendopo sendiri sudah merupakan nilai sejarah yang menjadi satu dengan makam, dan kalau ingin dibongkar juga akan mengurangi nilai sejarah. Aku belum tahu sih apa alasan Pemprov ingin melakukan pembongkaran, tapi apapun alasannya rencana ini seharusnya dirembug dulu dengan warga sekitar untuk mencari solusinya. Lalu siapa yang salah dong ??? hmm sulit juga, dari masyarakat mereka memang ingin mempertahankan kompleks makam namun mereka melakukan demonstrasi secara brutal, pake acara bakar-bakar mobil segala. Dari polisi sendiri, mereka hanya melakukan tugas, tapi juga tidak melihat kepentingan masyarakat.

Tapi kayaknya insiden ini membawa keuntungan bagi beberapa orang, coba aja lihat orang-orang yang mencari keuntungan dengan menjarah onderdil dari kendaraan yang terbakar, hah ada-ada saja. Sampai saat ini diperkirakan kerugian udah mencapai puluhan juta rupiah. Pak SBY selaku presidenpun angkat bicara mengenai masalah ini. Tapi kok dari dulu aku merasa, pidatonya pak Presiden ini kurang mengena ya, hanya teori, ini dan itu, tindakannya kurang cuy. Kalo boleh dibilang, “More talk do less”…yah semoga aja bisa dibalik. Coba lihat ketika presiden pidato tentang mafia hukum, juga hanya teori dan kenyataannya makin banyak aja markus yang muncul. Hmm…negara ini kok semakin suram kayaknya, hahaha…ayo sebagai generasi muda kita bangung kembali negara ini…Caranya gimana ya ????

Dari beberapa insiden dan demo seperti ini, dapat diambil kesimpulan bahwa aparat keamanan belum bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Gimana mau kerja sama, kalau ujung-ujungnya pasti tawuran dan saling bentrok. Seharusnya kan aparat keamanan bersama masyarakat menciptakan keamanan bersama. Hmm, mudah sih kalau bicara, tapi aku yakin pasti bisa deh. Bicara dengan hati, bukan dengan emosi dan keinginan sendiri. Yakinlah bahwa suatu saat masyarakat bisa hidup rukun dengan aparat keamanan, pasti itu…Viva Indonesia !!!! semoga kejadian seperti ini menjadi terakhir dan tak terulang lagi deh………

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Pake Paket GILA jadi GILA beneran saya….

gila

Satu lagi inovasi dari XL yang ngeluarin paket yang “katanya” memberikan nilai lebih menguntungkan bagi pengguna. Namanya paket nelpon GILA, infonya bisa dibaca di sini. Paket ini menawarkan gratis 1000 sms, 100 menit dan 1 MB akses internet.

Awalnya aku masih makai paket Combo, yang gratis 100 sms setelah kirim 2 sms. Karena tertarik dengan iklan nih ceritanya, jadi iseng-iseng aja makai paket nelpon GILA, langsung ndaftar dan pulsaku kesedot 2000. Dengan pe-de-nya aku sms temen2 (pake 2 berarti banyak), eh taunya pulsa kesedot 150 tiap sms. Loh, gimana sih ini, katanya gratis 1000 sms kok malah pulsaku kurang ???

Mungkin aku harus nelpon dulu kali ya biar dapet gratisan. Lalu kucoba nelpon, eh tak tahunya sang operator ngingetin kalo pulsa saia tak mencukupi. welah gimana lagi ini, kok semakin membuat bingung. Begitu juga untuk internet, tetep saja nggak bisa buat ngenet.Wah parah banget nih XL, bikin rugi pelanggan aja !!!

Penasaran, aku coba cari cari di internet, dan ternyata paket ini dapet gratisan setelah nelpon 1 menitan…wah gila banget nih pikirku, semenit nelpon kira2 habis 900an, merugikan pelanggan nih kalo begini caranya…Secara itung2an, masak mau dapet gratisan harus nelpon dulu. Lha kalau emang lg gak butuh nelpon, gimana donk ????? ini mah Xl gak ikhlas kasih gratisan. Mana mau balik ke paket Combo sudah tak ada dalam penawaran, habislah saya ditelan iklan yang gak jelas…

Sekarang aku terpaksa pakai paket SMS yang seminggu 500 sms bayar 5000, walau sedikit merugikan tp ini pilihan terbaik untuk saat ini. Kartu XL ini sudah aku pakai sejak jaman SMA, jadi gak mungkin kuganti…sudah cinta mati sih (sama nomernya :p). So mbok kalo buat paket itu yang bener2 menguntungkan pelanggan gitu loh, sama sedikit aja bintang2nya..biar pelanggan nggak bingung..oke oke…. :D

  • Share/Bookmark

Tags:

Seandainya kamu jadi gayus ???

Kalo kamu jadi gayus dengan uang bermilyaran uang rupiah, apa yang akan kamu lakukan ??? Beli rumah mewah, mobil, motor, dan harta benda lainnya ???? kalo aku sih, mending gak usah jadi gayus aja deh, lha jadi buronan gitu ???

Pernah terpikir nggak sih, kenapa orang kaya dengan banyak uang identik dengan banyak masalah. Sepertinya hidup sudah kecukupan, apa-apa ada, tapi kebutuhan rohaninya sama sekali nggak sehat tuh. Benar apa kata pak Ustadz, kebanyakan setelah dapet harta dunia, lalu lupa dengan akhirat…ya gitu deh jadinya, sukurin luuu…..

Lalu gimana ya..mending jadi orang biasa aja, hidup sejahtera, berguna bagi orang lain, rajin menabung, suka menolong, tidak sombong, dan mari kembali ke pelajaran ppkn…. :p semuanya terserah pada kita , toh nanti yang menanggung akibatnya juga kita kan??!!!!! Tetaplah menjadi orang baik dan taat aturan baik dunia maupun akhirat, maka anda akan jadi orang beruntung.

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Bahayanya mouse optic, ???

Akhir-akhir ini ada berita yang mengatakan bahwa mouse optik berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berita ini sendiri saya dapat dari message Friendster saya, dan mungkin dapat menyebar melalui e-mail, e-book, dan media elektronik lainnya. Nah, dalam artikel ini akan saya uraikan sebentar mengenai masalah ini. Oh ya, saya cantumkan sekalian artikel yang saya dapatkan dari Friendster saya ==>

Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh Microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone. Telah diketahui secara luas bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut laporan WHO radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai komputer.

Read the rest of this entry »

  • Share/Bookmark

Tags: