Archive for category Agama Islam

Apakah arah kiblat anda sudah benar ???

Sabtu yang lalu, tanggal 10 April 2010 aku ikut seminar tentang penentuan arah kiblat. Seminar ini diadakan oleh Departemen Agama Kota Jogja. Dalam seminar ini dikatakan bahwa sebagian besar masjid yang ada di kota Jogja masih melenceng arah kiblatnya, padahal salah satu syarat sah sholat adalah menghadap ke kiblat. Seminar ini diisi oleh bapak Mutoha Arkanudin (http://mutoha.blogspot.com), anggota Badan Hisap Rukyat (BHR) Kanwil Depag Jogja. Untuk mengetahui ringkasan isi seminar dan cara-cara perhitungan kiblat, sudah aku unggah dan dapat diunduh dari sini.

Secara garis besar, ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengukur kiblat. Yang pertama adalah menggunakan bayang-bayang matahari. Kalau mau dijelaskan secara mendetail, akan banyak rumus dan ilmu trigonometri yang digunakan dan dijamin anda-anda semua bakalan muntah-muntah ngeliatnya, hahaha… Aku buat simple aja, pada waktu tertentu matahari akan berada tepat di atas Ka’bah. Waktu-waktu ini disebut dengan Azimuth matahari atau bayang pagi. Untuk lengkapnya bisa dilihat pada berkas KIBLAT_MATAHARI.pdf. Setiap hari, matahari akan berada di atas Ka’bah pada waktu yang berbeda. Nah, jika pada waktu-waktu tertentu itu kita menegakkan sebuah tongkat, maka akan terbentuk bayang-bayang tongkat oleh matahari. Bayang-bayang tongkat inilah yang akan menunjukkan arah kiblat. Dari bayang-bayang ini dapat ditarik garis garis lurus sehingga langsung didapat arah kiblat, mudah kan.. Namun yang harus diingat, waktu pengukuran bayang-bayang matahari harus tepat saat Azimuth Matahari seperti yang tertulis pada berkas  KIBLAT_MATAHARI.pdf.

Cara kedua adalah menggunakan kompas. Cara ini menurutku lebih mudah daripada menggunakan matahari, karena bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu matahari muncul. Sebagai contoh akan dilakukan pengukuran di daerah Yogyakarta. Menurut perhitungan yang telah dilakukan oleh para ahli hisab, Kiblat terletak pada arah barat dengan sedikit geser ke kanan sejauh 24,7 derajat. Arah inilah yang dapat digunakan untuk menentukan posisi kiblat berada. Cukup tentukan arah utara dengan menggunakan kompas, maka otomatis akan didapatkan arah barat. Dari arah barat, gunakan busur derajat untuk menghitung sudut sebesar 24,7 atau 25 derajat. Sebagai catatan, pengukuran dengan kompas harus dilakukan di area yang tidak terpengaruh oleh medan magnetik. Sebagai contoh, pengukuran dengan kompas tidak bisa dilakukan di lantai 2 masjid karena pada dasar lantai 2 terdapat banyak besi untuk bangunan, besi besi ini akan mempengaruhi magnet kompas yang digunakan untuk mengukur sehingga hasilnya kurang tepat. Pengukuran bisa dilakukan di lantai 1 yang pondasinya tidak dibuat dari besi. Untuk kota selain Yogya, maaf aku tidak punya data berapa besar sudut yang digunakan, jadi cari sendiri di internet yaaa….

kompas

Setelah tahu bagaimana cara mengukur arah kiblat, semoga teman-teman semua bisa ikut menyampaikan ilmu ini dan masjid-masjid yang ada di sekitar kita bisa tepat arah kiblatnya sehingga ibadah shalat bisa lebih sempurna di hadapan Allah SWT, amin…

  • Share/Bookmark

Tags: , , , , ,

Pantun tentang ‘dia’

bunga

Sepertinya ini bakalan menjadi posting terakhir dalam suasana melo. Artikel ini aku dapat dari note Facebook, walaupun penulisnya sendiri ngaku dapet dari Kaskus. Ya sudahlah gak papa, isinya sebuah pantun atau puisi tentang akhwat. Silahkan disimak hasil repost saia :

——————————————————————————————————-

Wanita anggun pembasmi maksiat
Busananya rapi menutup aurat
Paling anti pake pakaian ketat
Katanya sich, ini salah satu ciri muslimah yang taat

Oh… Akhwat
Rajin mengaji dan tahajud dimalam yang pekat
Alasannya, biar selamat dunia dan akhirat
Ngga lupa dia doa dan munajat
Agar mendapat teman sejati dalam waktu cepat

Oh… Akhwat
Aktivitasnya begitu padat
Kuliah, organisasi sampe-sampe sehari 3 x ngikutin rapat
Ada juga yang ngajar TPA dan ngajar privat
Demi Allah, semua dilakukan dengan semangat
Read the rest of this entry »

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Ketika ketika dan ketika

jam

Masih dalam suasana melo melo, ada artikel bagus yang aku dapet dari temen….langsung aja cek deh gan…

————————————————————————————————————————–

1. KETIKA AKAN MENIKAH Janganlah mencari isteri, tp carilah ibu bg anak-anak kita Janganlah mencari suami, tp carilah ayah bg anak-anak kita.

2. KETIKA MELAMAR Anda bukan sedang meminta kepada orang tua/wali si gadis, tetapi meminta kepada Allah melalui orang tua/wali si gadis.

3. KETIKA AKAD NIKAH Anda berdua bukan menikah di hadapan penghulu, tetapi menikah di hadapan Allah

4. KETIKA RESEPSI PERNIKAHAN Catat dan hitung semua tamu yang datang untuk mendoa’kan anda, karena anda harus berfikir untuk mengundang mereka semua dan meminta maaf apabila anda berfikir untuk BERCERAI karena menyia-nyiakan do’a mereka.

5. SEJAK MALAM PERTAMA Bersyukur dan bersabarlah. Anda adalah sepasang anak manusia dan bukan sepasang malaikat.

6. SELAMA MENEMPUH HIDUP BERKELUARGA Sadarilah bahwa jalan yang akan dilalui tidak melalui jalan bertabur bunga, tp jg semak belukar yg penuh onak dan duri.

7. KETIKA BIDUK RUMAH TANGGA OLENG Jangan saling berlepas tangan, tapi sebaliknya justru semakin erat berpegang tangan

8. KETIKA BELUM MEMILIKI ANAK. Cintailah isteri atau suami anda 100%

9. KETIKA TELAH MEMIKI ANAK. Jangan bagi cinta anda kepada (suami) isteri dan anak anda, tetapi cintailah isteri atau suami anda 100% dan cintai anak-anak anda masing-masing 100%.

10. KETIKA EKONOMI KELUARGA BELUM MEMBAIK. Yakinlah bahwa pintu rizki akan terbuka lebar berbanding lurus dengan tingkat ketaatan suami dan isteri

11. KETIKA EKONOMI MEMBAIK Jangan lupa akan jasa pasangan hidup yang setia mendampingi kita semasa menderita

12. KETIKA MENDIDIK ANAK Jangan pernah berpikir bahwa orang a akan jasa pasangan hidup yang setia mendampingi kita semasa menderita

13. KETIKA ANDA ADALAH SUAMI Boleh bermanja-manja kepada isteri tetapi jangan lupa untuk bangkit secara bertanggung jawab apabila isteri membutuhkan pertolongan Anda.

14. KETIKA ANDA ADALAH ISTERI Tetaplah berjalan dengan gemulai dan lemah lembut, tetapi selalu berhasil menyelesaikan semua pekerjaan. tua yang baik adalah orang tua yang tidak pernah marah kepada anak, karena orang tua yang baik adalah orang tua yang jujur kepada anak ..

15. KETIKA ANAK BERMASALAH Yakinilah bahwa tidak ada seorang anakpun yang tidak mau bekerjasama dengan orangtua, yang ada adalah anak yang merasa tidak didengar oleh orang tuanya.

16. KETIKA ADA PIL. Jangan diminum, cukuplah suami sebagai obat.

17. KETIKA ADA WIL Jangan dituruti, cukuplah isteri sebagai pelabuhan hati.

18. KETIKA MEMILIH POTRET KELUARGA Pilihlah potret keluarga sekolah yang berada dalam proses pertumbuhan menuju potret keluarga bahagia.

19. KETIKA INGIN LANGGENG DAN HARMONIS Gunakanlah formula 7 K 1 Ketaqwaan 2 Kasih sayang 3 Kesetiaan 4 Komunikasi dialogis 5 Keterbukaan 6 Kejujuran 7 Kesabaran Semoga…… … — Semoga diriku & dirimu termasuk hamba yang disayang oleh-Nya..”

————————————————————————————————————————–

Semoga menjadi nasihat yang baik bagi kita semua gan…….. ^^

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Lillah vs Lil’akh’, siapa yang menang

surat

Lagi – lagi dalam sebuah blog walking, tapi kalo yang ini kayaknya Facebook walking, aku dapet artikel yang menarik, tapi sayangnya lupa dari profilnya siapa. Bagaimana jadinya jika seorang akhwat mengirim sebuah surat cinta kepada seorang ikhwan, hehehe…berikut isi surat tersebut :

————————————————————————————————————-

Akhi, rasanya aku telah menemukan kekasih yg jauh lbh baik dr dirimu. Yang tak pernah mengantuk dan tak pernah tidur. yang siap terus menerus memperhatikan dan mengurusku. yang selalu bersedia berduaan disepertiga terakhir malam. yang siap memberi apapun yang ku pinta. Ia yang bertahta, berkuasa, dan memiliki segalanya.

Maaf Akhi, tp menurutku kau bukan apa2 dibanding Dia. kau sangat lemah, kecil, dan kerdil dihadapanNYA. Ia berbuat apa saja sekehendakNYA kepadamu. dan akhi, aku khawatir apa yg telah kita lakukan selama ini membuatNYA cemburu. aku takut, hubungan kita selama ini membuatNYA murka. padahal Ia, maha kuat, maha gagah, maha perkasa, dan maha keras siksaNYA.

Akhi, blm trlambat untk bertaubat. apa yg telah kita lakukan selama ini pasti akan ditanyakan olehNYA. Ia bs marah, akhi. marah tentang saling pandang yg pernah kita lakukan, marah krn setitik sentuhan kulit kita yg belum halal itu, marah karena suatu ketika suatu ketika aku hrs membonceng motormu, marah karena pernah ketetapanNYA kuadukan padamu atau ttg lamunanku yg selalu membayangkan wajahmu. Ia bisa marah. tp sekali lg semua belum terlambat. kalau kita memutuskan hubungan ini sekarang, semoga Ia mau memaafkan dan mengampuni. akhi, Ia maha pengampun, maha pemberi maaf, maha menerima taubat, maha penyayang, maha bijaksana.

Akhi, jangan marah yah. aku sudah memutuskan untuk menyerahkan cintaku padaNYA, tidak pada selainNYA. tapi tak cuma aku akhi. kaupun bisa mjd kekasihNYA., kekasih yg amat dicintai dan dimuliakan. Insyaallah Dia punya rencana yg indah untuk masa depan kita masing2. kalau engkau selalu berusaha menjaga diri dari hal2 yang dibenciNYA, kau pasti akan dipertemukan dengan seorang wanita sholihah. ya, wanita sholihah yg pasti jauh lbh baik dr aku saat ini. ia yg akan membantumu menjaga agamamu, agar hidupmu senantiasa dalam kerangka mencari ridha Allah dalam ikatan pernikahan yg suci. inilah doaku untukmu, semoga kaupun mendoakan aku, akhi,..

akhi, aku akan segera menghapusmu dr memori masa lalu yg salah arah ini. tapi, aku akan tetap menghormatimu sebagai saudara dijalan Allah. itulah ikatan terbaik,.. tak mustahil itulah yg akan mempertemukan kita dgn Rasulullah ditelaganya, lalu beliaupun memberi minum kita dgn air yg lebih manis dr madu, lebih lembut dr susu, dan lebih sejuk dr krim beku,..

Maaf akhi,.. tak baik rasanya aku menulis surat ini. aku takut ini merusak hati. goresan pena terakhirku disurat ini adalah doa keselamatan dunia akhirat sekaligus tanda akhir dari hubungan haram kita, Insyaallah.

————————————————————————————————————-

Benar juga kalo di rasa yah, kita memang makhluk yang lemah dan tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pencipta kita. Namun sering kali kita menaruh rasa cinta yang lebih besar kepada makhluk-Nya daripada kepada-Nya sendiri. Yuk, bagi yang merasa, segera kirimkan surat cinta kepada mereka :)

  • Share/Bookmark

Tags: ,

Klo akhwat yang sebenernya gimana tuh

akhwat

Posting yang satu ini berhubungan dengan postingku sebelumnya. Kalo sebelumnya mbicarain tentang ikhwan, aku jadi pernasaran kalo yang versi akhwat ada gak ya ??? eh gak sengaja nemu juga di forum ini. Artikel ini orang yang membuat kayaknya sama, dilihat dari penulisannya. Ini saya kutipkan langsung dari sumbernya :

—————————————————————————————————

Seorang gadis kecil bertanya pada ayahnya, “Abi ceritakan padaku tentang Akhwat sejati?”.
Sang ayah pun menoleh sambil kemudian tersenyum:
Anakku …

Seorang akhwat sejati bukanlah dilihat dari kecantikan paras wajahnya, tetapi dilihat dari kecantikan hati yang ada di baliknya

Akhwat sejati bukan dilihat dari bentuk tubuhnya yang mempesona, tetapi dilihat dari sejauh mana ia menutupi bentuk tubuhnya

Akhwat sejati bukan dilihat dari begitu banyaknya kebaikan yang ia berikan tetapi dari keikhlasan ia memberikan kebaikan itu

Akhwat sejati bukan dilihat dari seberapa indah lantunan suaranya, tetapi dilihat dari apa yang sering mulutnya bicarakan.

Akhwat sejati bukan dilihat dari keahliannya berbahasa, tetapi dilihat dari bagaimana caranya ia berbicara
Sang ayah diam sejenak sembari melihat ke arah putrinya

“ Lantas apa lagi Abi? ”, sahut putrinya

Ketahuilah putriku …

Akhwat sejati bukan dilihat dari keberaniannya dalam berpakaian tetapi dilihat dari sejauh mana ia berani mempertahankan kehormatannya

Akhwat sejati bukan dilihat dari kekhawatirannya digoda orang di jalan tetapi dilihat dari kekhawatiran dirinyalah yang mengundang orang jadi tergoda

Akhwat sejati bukanlah dilihat dari seberapa banyak dan besarnya ujian yang ia jalani tetapi dilihat dari sejauhmana ia menghadapi ujian itu dengan penuh rasa syukur
Dan ingatlah …
Akhwat sejati bukan dilihat dari sifat supelnya dalam bergaul, tetapi dilihat dari sejauhmana ia bisa menjaga kehormatan dirinya dalam bergaul.

Setelah itu sang anak kembali bertanya, “Siapakah yang dapat menjadi kriteria seperti itu, Abi?”

Sang ayah memberikannya sebuah buku dan berkata,”Pelajarilah mereka!” Sang anak pun mengambil buku itu dan terlihatlah sebuah tulisan “Istri Rosulullah”

—————————————————————————————————

…………… subhanallah, jadi demikian itu ya yang dinamakan akhwat sejati. Hmmm…apa benar ada ya yang sesempurna itu. Ah gak usah dipikir, yang terpenting untuk sekarang kita sebagai ikhwan adalah berusaha untuk menjadi ikhwan yang sejati kayak di postinganku sebelumnya, agar kelak besok bisa dapet akhwat yang sejati, betul gak ???? :D

  • Share/Bookmark

Tags: , , ,