skripsi

Sedikit sharing saja tentang perjalanan mata kuliah tugas akhir S1 Ilkom UGM yang
pernah aku jalanin. File pdf yang formatnya lebih bagus ada di sini. Semoga bisa diambil hikmahnya, oke let’s story begin …..

Agustus 2009 :
Mata kuliah TA ini diambil ketika semester 7. Proses pendaftaran berjalan seperti biasa
dengan mendaftar di sekretariat dan di web. Pada waktu ndaftar, sudah disuruh
menentukan siapa dosen pembimbing yang diinginkan.

Point 1 : belum tentu dosen pembimbing yang dipilih ketika mendaftar akan benar-
benar menjadi dosen pembimbing anda, so bersiaplah untuk mendapat hal
terburuk ketika anda mendapatkan dosen yang tidak anda inginkan :p

Waktu pengumuman dosbing dan waktu pendaftaran kayaknya sekitar 1 mingguan, jadi
nikmati hidup anda selama seminggu ini. 1 mingguan berselang, daftar dosen
pembimbing akan ditempel di papan pengumuman oleh bapak sekretariat kita, siapa lagi
klo bukan pak Jumari. Minta kartu bimbingan warna merah sama pak Jum.

Point 2 : setelah tahu siapa dosbing anda, langsung burulah orang itu di manapun
ia berada, karena ia akan menjadi orang yg paling berpengaruh selama pengerjaan
TA. Ketika sudah tertangkap, jangan sungkan untuk bertanya dan minta pendapat
tentang topik TA yang akan dikerjakan. Akan lebih baik jika anda sudah
mempunyai topik TA ketika menemui makhluk yang satu ini, walaupun masih
coret2an. Dan satu hal lagi, jangan lupa mengisi kartu bimbingan anda.

Sehabis bertemu dgn dosbing, dipastikan anda telah mendapat banyak wejangan/nasihat
tentang topik TA. Tanpa menunggu waktu, langsung hajar saja. Cari materi-materi yang
berkaitan dengan topik itu, baik dari perpus atau internet, atau nanya dosen yang
kompeten di bidang topik TA itu. Dengan kata lain, cari tinjauan pustaka, penelitian yang
sudah pernah dilakukan, agar fokus penelitian kita bisa jelas dan terarah

September 2009:
Tinjauan pustaka sudah berhasil didapat dan dipelajari. Namun apa daya, ternyata
teorinya banyak cacing2 dan simbol gak jelas. Aku merasa mudah mempelajari, namun
ketika akan menerapkan ke program, susahnya minta ampunnnn….sampai pada akhir
september, progress tidak berkembang dan hanya berkutat pada mempelajari teori yang
semakin gak jelas. Akhirnya dengan sangat terpaksa, digantilah topik TA yang sudah
diambil dan dipelajari selama 2 bulan ini :sad:

Point 3 : jangan paksakan untuk mengambil sebuah topik jika anda tidak mampu
mengerjakannya. Topik ini bener2 akan anda selesaikan sampai anda akan
merasakan mual, letih, lesu, dan pingin muntah. So pikirkan baik2, jangan lupa
untuk melihat aspek ketika penelitian akan dibawa ke program nantinya jika
penelitiannya yang dilakukan akan membuat suatu sistem.

Oktober 2009 :
Perburuan akan dosbing dimulai kembali untuk menanyakan topik TA. Aku sebenarnya
sudah mempunyai topik alternatif yang mau diambil. Konsultasi dengan dosbing,
akhirnya topik diterima juga. Langsung cari tinjauan pustaka dan dasar teori sebanyak-
banyaknya.

Point 4 : Jangan lupa buat alternatif topik TA sebagai cadangan jika topik yang
pertama ada masalah dan ruwet.

November 2009 :
Tinjauan pustaka, tutorial, teori sudah terkumpul semua dan dipelajari. Mulailah menulis
yang namanya usulan penelitian. Untuk menulis proposal, buku panduan TA dijadikan
pegangan layaknya al kitab aja. Dan jangan lupa mulai tahun 2009, landasan teori sudah
dimasukkan ke dalam proposal. Latar belakang, rumusan dll mulai ditulis sampai
akhirnya jadwal penelitian. Konsultasi ke dosbing dilakukan setelah semuanya selesai
ditulis.

Point 5 : Tulis latar belakang,rumusan,tujuan dll sesuai petunjuk buku panduan.
Jangan lupa konsultasikan ke dosbing segera setelah membuat proposal, agar ia
tahu apa yang akan kita buat nantinya. Jangan menunda untuk menanyakan apa
yang sudah kita tulis kepada dosbing.

Desember 2009 :
Proposal sudah selesai. Saatnya diperiksakan pada dosbing. Hmm, tak tahunya dosbing
sibuk banget dan tidak bisa ditemui. Berkas proposal disuruh ngirim lewat email, tetapi
setelah 1 minggu berselang ternyata proposalku juga nggak dibaca karena saking
sibuknya. Beratus2 sms aku terbangkan ke hape-nya dosbing, berharap bisa meluangkan
waktu sedikit untuk bimbingan. Selang 1 minggu lagi, beliau bersedia bimbingan dan
akhirnya proposal di ACC untuk ujian proposal, pada akhir desember.

Point 6 : Berusaha sekuat tenaga untuk menemui dosbing secara langsung. Jangan
mau jika dosbing menyuruh ngirim lewat email ketika ia sibuk, karena sudah
dipastikan berkas anda tidak akan sempat untuk dibaca. Buat dosbing kesel dengan
ratusan sms, itu lebih baik ^^. Minta ACC dosbing ketika segalanya dah beres,
untuk melangkah menuju ujian proposal.

==========================

=======
Tata cara ujian proposal :
1. Proposal sudah disatukan dengan rapi, tidak perlu dijilid.
2. Minta ACC ujian proposal sama dosbing
3. Kopi sebanyak 2 kali, untuk dipakai sama dosen penguji nantinya
4. Kumpulkan ke sekretariat, lebih baik jika ketemu langsung sama pak Jum
5. Tunggulah hari pembantaian anda :D
=================================

Januari 2010 :
Sambil menunggu hari pembantaian, aku mulai membuat program kasarnya, atau istilah
kerennya adalah prototype alias purwarupa. Di sini diasumsikan bahwa anda sudah
merasa bisa untuk membawa penelitian ke dalam program untuk membuat sistem yang
dibuat. Jujur aku bilang, alur yang sebenarnya adalah membuat analisis perancangan
dulu. Namun kenyataannya hal ini lebih sulit dilakukan. Dengan membuat prototype
program dulu, sekali bekerja dapat 2 hasil, yaitu sambil membuat program, otomatis kita
akan membuat perancangan data dan prosesnya. Jangan lupa untuk membuat coretan alur
jalannya proses yang akan dijadikan acuan dalam membuat program nantinya. Sebagai
informasi, sampai bulan ini ujian proposal belum juga dilaksanakan.

Point 7 : Mulai membuat program, bebarengan dengan membuat analisis data dan
prosesnya, alur program yang akan dibuat, penerapan algoritmanya. Targetkan 1
bulan selesai membuat analisis dan perancangan data, proses serta prototype
program. Jangan lupa juga untuk mulai sedikit2 menulis bab 4, analisis dan
perancangan sistem. Setelah selesai, konsultasikan dengan dosbing segera.

Februari 2010 :
Ujian proposal belum juga dilaksanakan. Jika menunggu mengerjakan setelah ujian
proposal, pasti TA tidak akan selesai2. Setelah konfirmasi ke pihak sekretariat, ada
masalah dana yang menyebabkan ujian blm dilaksanakan, hah dana buat apa ya, I dunno.
Sambil menunggu ujian, masuk ke bab 5 implementasi sistem. Mulailah berkoding ria
yang sesungguhnya berdasarkan perancangan data dan proses yang telah dibuat.
Ditargetkan 1 bulan selesai membuat program. Tidak lupa juga, untuk melihatkan
program pada dosbing, apakah sudah sesuai atau belum. Yah berkali-kali revisi adalah
hal yang wajarlahhh..biasa dosbing suka nyiksa mahasiswanya, yakin aja niatnya baik,
hehehe…

Point 8 : Mulai membuat program yang sebenarnya berdasarkan perancangan data
dan proses yang dibuat. Targetkan 1 bulan selesai untuk membuat program. Mulai
menulis bab 5 implementasi berdasarkan kode program yang telah dibuat. Jangan
lupa konsultasikan dengan dosbing.

Maret 2010 :
Pengumuman ujian proposal akhirnya keluar juga. Ujian akan dilakukan akhir Maret,
hmm waktu yang masih lumayan lama. Setelah implementasi selesai, saatnya melakukan
pengujian sistem. Gunakan waktu seefisien mungkin untuk melakukan pengujian. Catat
segala hal yang ditemukan ketika melakukan pengujian. Setelah pengujian selesai,
saatnya membahas hasil yang ditemukan tadi. Hmm, pembahasan sih sebisa mungkin
harus sebanyak-banyaknya, karena hal inilah yang menjadikan hal paling penting dalam
proses penelitian kita. Semakin banyak pembahasan semakin baik.
Ujian proposal selesai dilakukan. Tidak banyak yang harus direvisi, paling cuman
penulisan ilmiahnya.

Point 9 : Lakukan pengujian setelah implementasi dilakukan. Catat semua hal
penting. Bahas hal penting tersebut sesuai dengan logika dan fakta ilmiah yang ada.
Mulai menulis bab 6 hasil dan pembahasan. Jangan lupa konsultasi dengan
dosbing. Saat ujian proposal, yakinkan penguji dengan usulan kita, caranya dengan
menjelaskan sejelas2nya bab 1, yaitu latar belakang dkk. Sebisa mungkin
pertahankan apa yang telah kita buat. Pada kasusku, aku telah membuat sampai
pada programnya, tentu saja akan sia2 jika pada ujian proposal harus disuruh
ganti. Jika dosen merasa ragu, coba yakinkan. Intinya, JANGAN SAMPAI
PEKERJAAN KITA BERUBAH TOTAL HANYA KARENA SATU HARI ITU.
Perlu diingat bahwa proposal kita juga sudah diteliti dosbing, sehingga pasti
sebagian besar sudah benar.

April 2010 :
Bulan ini merupakan bulan penentuan, bulan hidup mati kalau pada kasusku, hihi…Akan
aku ceritakan detailnya, karena masih inget betul, plus aku nulis cerita ini juga pada bulan
April.

Minggu 1 :
Semua tulisan laporan sebisa mungkin harus selesai, sampai pada lampiran. Jangan lupa
minta ACC ke dosbing untuk setiap babnya. Kejar terus dosbing sampai laporan kita
bener2 bener. Sampai minggu ini, diasumsikan TA sudah selesai dan tinggal revisi dari
dosbing.

Minggu 2 :
TA sudah harus benar2 fix. Setelah itu, minta dosbing untuk ACC ujian pendadaran.
Kemudian datang ke sekretariat untuk mengumpulkan berkas2 ujian pendadaran.

=================================
Tata cara ujian pendadaran :
1. Laporan dikopi 3 buah, cover warna biru dan dijepit dengan penjepit kertas, tidak
usah dijilid.
2. Menyerahkan bukti pembayaran
3. Menyerahkan kartu bimbingan dan kartu menghadiri ujian TA
4. Menyerahkan fotokopi KRS yang ada TA-nya
5. Menyerahkan usulan dosen penguji
6. Tunggulah hari pembantaian anda :D
=================================

Saat memilih dosen penguji, pilih dosen yang baik hati dan tidak sombong serta pemurah
dalam memberikan nilai. Pilih dosen yang mengerti tentang topik TA. Namun yang perlu
diingat, belum tentu dosen yang diusulkan akan benar2 menjadi dosen penguji, jadi
bersiap2 saja untuk kemungkinan terburuknya.
Sebelum ujian pendadaran, belajarlah teori mendasar dan program yang dibuat. Jangan
sampai program error ketika demo. Dan yang paling penting, banyak2 berdoa agar
dilancarkan ketika ujian.

TIPS : kumpulkan berkas pendadaran minimal 2 bulan sebelum wisuda. Jika
wisuda bulan Mei, harusnya bulan Maret akhir laporan TA sudah dikumpulkan.
Pada kondisi ini, anda tidak akan merasa tertekan untuk mengurus administrasi nantinya
dan belajar akan lebih konsen dan nyaman. Pada kasusku, aku mengumpulkan berkas 1
bulan sebelum wisuda, ini namanya bunuh diri dan jangan ditiru, karena semuanya akan
dihadapi dengan perasaan tidak santai dan kegusaran

Minggu 3 :
Ujian pendadaran dimulai. Mulai poin ini, aku akan mempersempit waktu cerita menjadi
satuan tanggal, plus ceritanya agak menjurus ke blog-based.

21 April 2010 :
H-1 pendadaran. Makan dan tidur yang cukup. Persiapkan presentasi yang baik, ingat
presentasi hanya 20 menit. Asumsi demo program 5 menit, maka presentasi efektif
hanya 15 menit. Komposisi berikut lumayan berguna untuk membuat file presentasi
20 % : Latar belakang dkk, tinjauan pustaka, dasar teori
35 % : analisis dan perancangan
40 % : hasil pembahasan
5 % : kesimpulan
Impelementasi sudah termasuk pada demo.

22 April 2010 :
Pukul 9.30 pendadaran dimulai. Sebelumnya siapkan dulu laptop, kertas, bolpen dan
laporan TA. Presentasi 20 menit, gunakan waktu seefisien mungkin. Jawab pertanyaan
dosen penguji sesuai yang kita tahu, jika tak tahu jangan mengarang jawaban. Jangan
lupa kalau kita punya senjata ampuh, yaitu batasan masalah, gunakan ini ketika ditanya
hal yang OOT. Jawab dengan ramah dan sopan. Usahakan untuk meyakinkan dosen
penguji kalau kita paham betul atas apa yang kita kerjakan, jangan ada keragu-raguan.
Setelah pendadaran, banyak sekali revisi yang harus dilakukan, thx mbak Sulfi utk info
ngurus revisi & yudisiumnya. Belum mengurus administrasi buat wisuda juga. Di sini
otak dipaksa harus bekerja paralel nih. Siangnya segera cari surat bebas pinjam dari perpus dan bebas pinjam alat dari bidang kesejahteraan UGM. Setelah itu, pesen transkrip
nilai. Malamnya, nglembur revisi karena besok harus sudah ACC dosen.

23 April 2010 :
Revisi sudah sempurna, cabut nemuin dosen dikampus. Jangan lupa halaman pengesahan
dicetak pada kertas putih dengan logo ugm warna kuning di tengah. Satu hari cuman
kekejar dosen penguji, sedangkan dosen pembimbing tidak bisa ditemui. Itupun masih
disuruh revisi lagi, ya sudah terima aja deh.

24 April 2010 :
Revisi berlanjut, disempurnakan sampai tidak ada kesalahan. Untuk menghilangkan
stress, kunjungi onemanga/naruto untuk mengecek anime terakhir naruto, plus animea.net
untuk mendownload naruto Shippuden. Hari ini berakhir dengan malam mingguan yang
indah ^^

25 April 2010 :
Masih seputar revisi. Semua sudah benar, lalu pergi untuk menjilid skripsi. Jangan lupa
membeli pembatas antar bab warna biru. Eh ternyata, di sini saya diperas sama tukang
jilidnya. Katanya jilid normal baru selesai 2 hari, kalo ingin cepat harganya beda. Yah
terpaksa deh bayar 2 kali lipat biar cepet.
TIPS : jilid 2 hari sebelum dikumpulkan, agar mendapat harga standar T_T

26 April 2010 :
Senin ini bakalan menjadi hari yang sibuk. Pertama kali mencari dosbing untuk ttd
skripsi. Setelah skripsi sudah ditandatangani, langkah berikutnya adalah ngumpulin
skripsi ke perpus untuk mendapatkan surat terima skripsi. Skripsi dikumpulkan bersama
softcopy dalam CD. Dan parahnya, ternyata softcopy skripsi harus dalam bentuk PDF
yang sudah di bookmark pada daftar isinya, thx mas Amru atas infonya. Terpaksa deh
harus mengulang mbuat softcopynya, untungnya ada teman kos yang setia setiap saat tuk
membantu, thx a lot Supran :D
TIPS : Buat softcopy skripsi dlm bentuk PDF yg sudah di bookmark pada daftar
isinya.

Setelah skripsi dan CD dikumpul, langkah selanjutnya adalah meminta berita acara ujian
TA di sekretariat makai surat terima skripsi tadi. Nanti akan dikasih berita acara, yang
memuat nilai Ujian pendadaran kita.
Setelah ini, pergi ke utara untuk mengurus wisuda. Datang ke bagian kemahasiswaan
untuk mengambil username n password, lalu mengisi biodata di daa.ugm.ac.id/wisuda.
Data udah diisi, huff selesai sudah deh urusannya. Eits, sampai di sini ternyata saya
melakukan kesalahan yang sangat fatal, yaitu belum yudisium. Thx mas Paris atas info
yudisiumnya.
TIPS : Yudisium dulu, baru ngurus wisuda
Waktu itu sudah jam setengah 4, langsung aja aku ke bagian akademik. Di situ nemuin
Pak Anton, yang kerjaannya masukin nilai kita ternyata. Semua berkas sudah lengkap,
dan tinggal mengurus nilai. Di sinilah bencana bermula. Ada satu nilai yang belum
keluar, apakah itu ??? tepat sekali, Praktikum Jaringan Komputer, saat semester 3. Gila,
udah berabad2 belum keluar nilainya. Seingatku dulu sih dosennya udah nyerahin gitu,
wah dibo’ongi nih. Pihak akademik tidak mau mengeluarkan nilai karena tidak ada arsip
nilainya. Yah dengan terpaksa besok harus ngurus nilai dulu nih, hah….

27 April 2010 :
Hari Selasa, firasatku nggak enak di hari ini. Paginya terpaksa ikut psikotest dulu di negri
antah brantah. Baru bisa ngurus nilai sekitar jam 12. Setelah dosen yang bersangkutan
datang, aku langsung menanyakan bagaimana nilai praktikum waktu itu. Dan dijawab
dengan enaknya, klo nilainya udah diserahin ke akademik, dan beliau tidak mau tahu lagi
dengan urusan ini. Baiklah di sini saya masih mencoba bersabar. Aku datang lagi ke
bagian akademik untuk menjelaskan apa yang dikatakan dosen tadi. Namun akademik
sendiri juga tidak berani memberi nilai jika tak ada buktinya, dan memang setelah dicari
bener2 gak ada.
Okey, aku balik ke dosen praktikum tadi, mencoba menjelaskan apa yg terjadi di
akademik. Dan tetep saja, jawabannya beliau yakin udah nyerahkan dan gak mau tau lagi
urusan ini. Grrr, untung partikel kesabaran blm habis. Balik lagi deh ke akademik. Di
akademik, aku dapat surat keterangan dari salah seorang temen sekelasku yang waktu itu juga ngambil praktikum. Huff semoga bisa ini. Balik lagi ke dosen, nunjukin surat keterangan nilai temen tadi. Ealah malah dijawab, kalo pas temenku ini memang blm dikirim arsip nilainya, dan setelah itu sudah dikirim. Matilah saya, tak tau lagi musti
gimana. Di tengah kebingungan, saya bertemu dengan Pak Janoe, salah satu dosen juga. Jadilah aku bercurhat ria dengan beliau, kutumpahkan seluruh masalah yang aku alami. Untung dosenku yang ini sangat baik hati dan mau membantuku, beliau menelpon ke akademik dan menelpon dosen praktikumku untuk membahas masalah ini, tapi tetep aja tidak ada solusi karena masing2 pihak bersikukuh dengan keyakinannya sendiri2. Aku balik lagi ke akademik, dan di sana aku diberi satu kesempatan terakhir, yaitu ngecek di Laboratorium. Yap cuman itu jalanku.
Usaha terakhir, aku samperin laboratorium. Di sana bertemu dengan pak Rudi, sang
pengelola. Aku ceritakan masalahku, dan hancur hatiku untuk kedua kalinya *halah*
ketika tahu kalau praktikum 2008 belum dikelola oleh Lab tapi masih dikelola oleh
pengurus lama. Namun pak Rudi memberikan solusi, beliau akan mencarikan di
tumpukan berkas kalau semisal tercecer di sana. Oke, itulah harapan satu-satunya yang aku punya. Pulang deh ke rumah, capeeekkkkkkkk…..Dan hari Selasa ini berakhir dengan happy ending. Pukul 9 malam pak Rudi sms, katanya arsip nilai praktikum jaringan komputer sudah ditemukan terselip di berkas lainnya, karena harusnya diserahkan januari 2008 tapi baru diserahkan agustus 2009. Huhhh lega
dah, apapun alasannya yang penting nilai keluar deh.
TIPS : cek nilai yang belum keluar tiap semesternya SEGERA, jangan menunggu
sampai yudisium. Kejar terus dosen yang bersangkutan untuk memberikan nilai.
Jangan berhenti menanyakan dan mengejar dosen sampai nilai bener2 keluar di
SIA.

28 April 2010 :
Rabu yang cerah. Berangkat pagi untuk yudisium karena sebenarnya paling lambat
yudisium adalah kemaren, cuman gara2 1 sks praktikum jadi telat deh. Datang ke
sekretariat, yudisium berjalan dengan lancar. Menghapus matkul yang tidak diinginkan,
senangnya. Setelah itu, berkas yudisium dibawa ke sekretariat, tempatnya pak Jum.
Kejadiannya tipis banget, baru saja pak Jum mau mengantar semua berkas yudisium ke utara setelah ditandatangani kaprodi, eh aku baru datang. Waduhhh…untung bapaknya baik hati dan mau mengurus yudisiumku, alhamdulillah. Langkah selanjutnya ngurus wisuda, mbayar dan seterusnya..lancar jaya….dan selesai.

Begitulah pengalamanku dalam mengambil mata kuliah Tugas Akhir S1 di prodi Ilmu
Komputer UGM ini. Semoga bisa diambil hikmahnya bagi anda2 yang membaca, dan
jangan mengulangi kesalahan yang aku lakukan. Semoga sukses bagi anda2 semua. ^^

Mari berbagi:
  • Print
  • PDF
  • Facebook
  • RSS
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Blogplay
  • Add to favorites
  • blogmarks
  • Diggita
  • email
  • Live
  • MySpace
  • Ping.fm
  • Socialogs
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Twitter
  • Webnews.de
  • Yahoo! Bookmarks
  • Yahoo! Buzz
  • Share/Bookmark

No related posts.